Selamat Bergabung | Area Layanan: Kota/Kab. Bandung, Cimahi dan Bandung Barat
  • > Layanan 24 Jam Online

    0857-2005-7019
  • > Guru ke Rumah

    Aman dan Nyaman
  • > Jemput Pendaftaran

    Lebih Cepat dan Praktis
By - admin

Moms, Ini 12 Pertimbangan Saat Memilih Sekolah untuk Si Kecil (Part 1)

Dalam kesempatan ini admin Les Privat Bandung mau bagi-bagi tips seputar memilih sekolah untuk sang buah hati. Apa saja pertimbangan memilih sekolah untuk si kecil? Setiap orangtua menginginkan pendidikan yang terbaik untuk anaknya. Pendidikan adalah investasi jangka panjang untuk kesuksesan anak di masa datang. Oleh sebab itu, orangtua tidak akan sembarangan dalam memilih sekolah untuk anaknya. Biaya yang mahal belum tentu menentukan kualitas sekolah. Di masa sekarang ini, dalam memilih sekolah tidak hanya sekedar fasilitas sekolah untuk anaknya saja. Sekolah yang tepat akan memberikan dampak yang besar bagi pertumbuhan dan kecerdasan anak.

Orangtua rela membayar mahal demi meraih pendidikan yang berkualitas. Namun, sebenarnya apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih sekolah yang tepat untuk anak Anda?

Perhatikan hal berikut saat mempersiapkan dana pendidikan si kecil ya.

#1 Jenis Sekolah Idaman

Ada beberapa jenis sekolah yang ditawarkan oleh berbagai institusi pendidikan, misalnya sekolah berbasis agama, sekolah negeri, sekolah alam, homeschooling, sekolah swasta, sekolah internasional atau sekolah nasional plus. Pahami kelebihan dan kekurangan sekolah tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan anak.

#2 Pertimbangkan Jarak Sekolah

Untuk anak usia TK dan SD, jarak sekolah jadi hal yang harus dipertimbangkan. Sekolah yang jaraknya tidak terlalu jauh lebih sesuai untuk anak usia sekolah TK dan SD. Jarak yang jauh akan berpengaruh pada kondisi fisik anak, sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar. Jarak sekolah yang jauh dari rumah juga akan membuat anak memiliki kesempatan bermain yang lebih sedikit karena waktu yang terbatas. Selain itu, juga biaya antar jemput juga akan semakin meningkat dengan semakin jauh sekolah anak dari rumah.

#3 Karakter Anak

Anda dapat memilih sekolah yang sesuai dengan karakter anak Anda. Sehingga anak Anda bisa lebih fun berada di sekolah. Misalnya, anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam. Pengenalan akan karakter dan kebutuhan juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah. Misalnya, menentukan sekolah dengan durasi yang lebih banyak waktu bermain atau waktu belajar.

#4 Tenaga Pengajar yang Bagus

Guru adalah ujung tombak yang menentukan anak akan belajar dan bermain dengan menyenangkan atau tidak. Untuk mengetahui hal ini Anda bisa datang ke sekolah langsung dan menanyakannya pada pihak sekolah. Guru yang baik, profesional, dan memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang yang diajarnya, dapat mengembangkan lingkungan belajar yang menyenangkan di kelas dan dapat berkomunikasi dengan anak. Bila sekolah yang Anda minati menawarkan class trial, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk bertemu langsung dengan calon guru dan melihat aktivitas belajar di sekolah tersebut.

Selain itu, Anda juga perlu menilai apakah guru tersebut cukup kooperatif dan bisa diajak bekerja sama dengan orangtua. Karena, sekolah merupakan tempat dimana anak-anak Anda akan menghabiskan sebagian besar waktunya sehari-hari. Dan guru-guru merupakan “orangtua” bagi anak selama mereka berada di sekolah. Untuk itu, guru yang baik akan juga pandai melihat perkembangan dan apa yang dibutuhkan anak terlebih bila anak memiliki masalah dalam hal kegiatan belajar mengajar di sekolah. Guru yang baik akan mengkomunikasikan kepada orangtua tentang perkembangan maupun kendala-kendala yang mungkin saja dihadapi anak di sekolah.

#5 Kondisi Sekolah dan Lingkungan di Sekitarnya

Anda bisa menilai kondisi dan lingkungan dengan melihat dari open house yang digelar setiap sekolah untuk menarik minat orangtua dan anak. Anda bisa memperhatikan sarana dan prasarana di sekolah, juga interaksi terhadap pengajar hingga suasana kegiatan belajar-mengajar.

Fasilitas yang dimaksud bukan hanya laboratorium penunjang kegiatan belajar mengajar, namun kebersihan toilet, suasana tempat makan siswa/siswi, dan kondisi bangunan serta kelas. Cukupkah untuk mendukung proses belajar dan mengajar yang menyenangkan bagi anak?

#6 Konsep Belajar atau Sistem Kurikulum yang Diterapkan

Pada umumnya, sekolah swasta di Indonesia menerapkan kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Namun, ada juga beberapa sekolah yang menerapkan kurikulum yang diadopsi diluar kurikulum pendidikan yang dicanangkan oleh pemerintah. Informasi mengenai kurikulum yang diterapkan merupakan hal penting yang harus Anda ketahui sebagai bahan pertimbangan untuk mendaftarkan anak ke sekolah tersebut. (Lanjut ke Part 2) | Sumber: finansialku.com

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.
*
*